Monday, March 19, 2018

Tonag Gosum


  • aryataraycenterTonag Gosum

    To artinya penyembuhan, Nag artinya hitam. Tonag secara harafiah artinya adalah penyembuhan hitam.

    Go artinya kepala, Sum artinya 3 yang berarti 3 kepala. Bisa di lihat di Torma ada 3 kepala yaitu terdapat kepala banteng, kepala harimau, dan kepala babi. Jadi secara harafiah arti dari Tonag Gosum adalah penyembuhan hitam 3 kepala. 3 kepala tersebut menyimbolkan atau merepresentasikan racun yang ada di dalam diri kita.
    Kepala banteng melambangkan keangkuhan/ kesombongan. Kepala harimau melambangkan iri hati, dan kepala babi melambangkan ketidaktahuan. Melalui puja Tonag Gosum ini dapat mempurifikasi/ menyingkirkan penyakit infeksi dan menyingkirkan ketidakberuntungan yang terjadi dalam 1 tahun tertentu/ bulan tertentu dalam shio tertentu.
    Melalui Puja Tonag Gosum ini dapat menyingkirkan orang yang tidak suka pada kita, seperti musuh dan segala gangguan ataupun rintangan. (Menyingkirkan musuh maksudnya secara Dharma)

    Di Indonesia banyak gangguan halangan rintangan yang disebabkan oleh _local spirit_, makhluk dari alam asura dan peta atau mereka yang menguasai bintang, planet dan para Naga yang bisa menyakiti manusia. Melalui puja Tonag Gosum ini maka gangguan itu dapat disingkirkan. Dan karena di Indomesia banyak sekali Naga maka kita perlu melakukan Tonag Gosum ini setahun sekali dan juga mempersembahkan persembahan pada Naga.

    Asal mula Tonag Gosum
    Dikisahkan ada satu keluarga yang melakukan kesalahan dikenal dengan sebutan 8 diagram yang diagram tersebut diliputi 5 elemen (Air, tanah, logam, api, udara, gunung, pohon dan angin). Karena kesalahan yang dilakukan mereka, 1 keluarga tersebut menimbulkan ketidakseimbagan 8 diagram yang menyebabkan halangan, gangguan, rintangan, dan kemudian makhluk halus pun saling menyakiti keluarga tersebut.
    Ibu dari keluarga tersebut menjadi sangat marah dan menyebabkan bagian dari atas tubuh ibu itu bagaikan kobaran api kemarahan sedangkan pada bagian bawah menunjukkan keinginan/ nafsu. Karena kondisi kemarahan yang luar biasa selama 3 hari 3 malam istri. Suaminyapun menghindar dan ketika istrinya meminta suaminya kembali, ia tidak mau kembali.
    Setelah sembilan 9 bulan kemudian sang ibu melahirkan
  • aryataraycenterseorang anak yang sebenarnya anak tersebut merupakan benih dari _mara_. Anak tersebut adalah *GAMBAR TORMA*.
    Putra dari ibu tersebut adalah Gosum ini yang mempunyai 3 kepala berupa kepala banteng, harimau, dan babi. Pada kepala banteng terdapat tanduk yang berwarna hitam pada bagian atasnya dan berwarna merah pada bagian dari bawahnya. Digambarkan pula di teks bahwa putra dengan 3 kepala tersebut selalu dalam kondisi mata dan mulut yang terbuka.
    Sang istri kemudian bertanya pada suami. *Mengapa perlu mengalami penderitaan seperti ini, Apakah ini bagian dari buah karma buruk kita?*
    Suami pun berkata kepada istri untuk membungkus putra tersebut di dalam bungkusan celana dan kemudian diminta untuk di buang.
    Makhluk 3 kepala tersebut pun mendengar pernyataan sang ayah. Dia kemudian berikrar hal yang sangat buruk bahwa bila ia dibuang kelautan, siapapun yang memakan daging dan tulang ataupun meminum darah dan urinnya, ia akan menyebabkan penderitaan bagi keluarga tersebut.
    Karena sang ayah sangat ketakutan mendengar hal tersebut, ia pun memohon pertolongan Manjushri. Kemudian Bodhisattva Manjushri muncul di hadapan keluarga tersebut dan berkata sambil menunjuk makhluk 3 kepala tersebut. “Kamu adalah putra dari Makhluk halus, dari mara, dan local spirit. Manjushri lalu bermanifestasi menjadi yamantaka yaitu salah 1 yidam yang murka dan menaklukan makhluk 3 kepala tersebut sambil mengatakan *om yama om*. Yamantaka kemudian berubah jadi 21 kepala dan 42 lengan dan 8 kaki berada di sekeliling ibunya. 8 kakinya menginjak makhluk mara tersebut dan yamataka memakannya kemudian menyimpannya di tenggorokan selama 3 hari. Setelah 3 hari, oleh karena welas asih yamantaka beliau melepas kembali makhluk tersebut, memintanya untuk tidak menyakiti manusia lagi dan mengikatnya dalam 1 sumpah bila ia melakukannya lagi maka Yamantaka akan menaklukkannya. “Jantung dan tubuhmu berada di dalam genggamanku. Dan aku adalah salah 1 penolong di dunia ini.” Karena diikat oleh sumpah tersebut maka mkhluk 3 kepala berjanji untuk tidak menyakiti makhluk lainnya.

    Di dunia ini terdapat 444 penyakit dan 80.000 gangguan halangan dan rintangan. Oleh karena itu makhluk tersebut lupa akan janjinya
  • aryataraycenterDengan puja ini untuk memperingatkan janjinya yang telah diikrarkan kepada Manjushri. Penyembuhan hitam yang dimaksud ini adalah ilmu hitam yang dikirimkan. Jadi puja ini perlu dilakukan setiap tahunnya seperti halnya Thunsum puja dan Gumig Dhurmig puja.

No comments:

Post a Comment