Friday, June 1, 2018

Mengembangkan Latihan Meditasi Formal


  • tergarindonesiaNasehat Mingyur Rinpoche bagi Murid yang Belajar Mengembangkan Latihan Meditasi Formal:

    Ada satu petunjuk praktis yang Ayah saya selalu tekankan lagi dan lagi kepada semua murid-murid Beliau dengan cara yang mudah kita ingat: “Short periods, many times” (singkat-singkat, berulang kali).

    Ketika saya mulai mengajar, saya menemukan banyak siswa yang baru belajar meditasi dan langsung membuat goal yang sangat tidak realistis bagi mereka sendiri.

    Mereka berpikir mereka harus duduk dengan postur meditasi sempurna selama mungkin, sejauh yang mungkin dicapai seorang manusia. Jadi mereka duduk di sana mengunci diri mereka dan memaksa diri mereka untuk masuk dalam kondisi ketenangan.

    Untuk beberapa detik pertama nampaknya berhasil. Mereka berhasil merasa ketenangan. Kemudian batin mereka mulai bergerak, selalu membentuk ide-ide baru, persepsi baru, sensasi yang baru. Seperti itulah memang kerjanya batin.

    Meditasi adalah tentang belajar bersahabat dengan batin kita apapun keadaanya. Sebagaimana apa adanya saja. Kita tidak berusaha memaksanya masuk dalam bungkusan “jaket ideal budhist”.

    Kita berpikir kita rajin jika kita memaksa diri kita duduk bermeditasi berjam-jam. Tetapi ketekunan yang sejati bukanlah memaksa diri anda untuk melakukan sesuatu diluar batas alami diri anda; melainkan mencoba melakukan yang terbaik, tetapi tidak mencengkram pada hasil yang anda ingin capai. Anda perlu mencari jalur tengah, di antara terlalu longgar dan terlalu babak belur (karena terlalu ketat). (Mingyur Rinpoche)
    @TergarIndonesia
  • tergarindonesia#Meditasi #Jakarta #Meditation #TergarIndonesia #MingyurRinpoche

No comments:

Post a Comment