Tuesday, March 24, 2020

Cara Setup Aquarium Air Laut yang Benar

Setup Aquarium Air Laut – Pada edisi sebelumnya sudah diterangkan bagaimana mempersiapkan air laut untuk kepentingan aquarium air laut anda. Di bagian ini akan dibicarakan bagaimana setup akuarium bisa dikerjakan hingga penuhi keinginan kita untuk memiliki aquarium air laut yang sehat.
Sebelum anda mulai beli beberapa perlengkapan akuarium yang dibutuhkan untuk bangun satu aquarium air laut, semestinya di awalnya telah anda rancang type aquarium air laut apakah yang akan dibuat. Apa satu aquarium air laut yang berisi ikan saja, atau satu aquarium air laut berisi koral atau tanaman saja, atau adalah gabungan kedua-duanya. Perihal ini akan begitu memudahkan dalam membuat perancangan untuk mensetup aquarium air laut dengan baik.
Cara Setup Aquarium Air Laut
Setup sebuah aquarium air laut bisa dibikin berdasar pada beberapa metoda yang sudah sukses dibikin oleh beberapa akuaris laut awal mulanya. Misalnya metoda Lee Chin Eng, metodaBerlin, metoda Jaubert, cara Plenum, atau metoda Adey. Semasing memiliki keunggulan- kelebihan yang pantas diakui. Meski begitu bisa jadi kita mensetup satu aquarium air laut lewat cara menggabungkan semua metoda-metode itu.
Gambar di bawah adalah salah satunya perancangan basic satu aquarium air lautyangbaik. Perlengkapan didalamnya dapat ditambah lagi perlengkapan penambahan lainnya jika dibutuhkan. Namun dengan perancangan basic semacam ini aquarium air laut yang dibuat sangatlah mencukupi, sekurang-kurangnya sudah diterapkan saat sekian tahun oleh penulis tanpa kesusahan yang dijumpai.

Instalasi

Dalam gambar di atas tampak ada banyak elemen instalasi yang butuh dilihat hadirnya. Komponen-komponen itu ialah sump, pasir serta karang hidup, protein skimmer, kalkwasser, dan lain-lain.

Sump

Sump adalah satu wadah yang dipakai untuk mengurus air laut dalam akuarium anda. Sump bisa dimisalkan satu bengkel kerja atau satu piranti pengolah air, yang akan menyuplai air laut dengan keadaan yang sudah sesuai buat kepentingan hidup penghuni laut di akuarium penting. Sump dengan cara langsung tersambung dengan akuarium penting, serta dengan cara langsung juga berperan untuk memperluas serta perbanyak volume air akuarium penting. Ingat jika makin banyak atau makin luas satu akuarium maka semakin konstan keadaan airnya.
Sump bisa dibikin berbahan apa pun tidak hanya dari kaca, saat bahan itu tahan pada air laut. Diluar itu sump dapat disimpan terpisah dari akuarium penting anda. Tidak hanya di bawah akuarium penting dalam rack yang sama, sump bahkan juga dapat disimpan diruangan lainnya di dalam rumah anda, hingga hadirnya dapat tidak didapati oleh mereka yang melihat aquarium air laut anda.
Ukuran sump dapat beragam, bergantung pada keperluan serta kecocokan hasrat semasing. Beberapa hobiis telah terasa senang dengan ukuran sump separo dari ukuran akuarium penting, beberapa yang lainnya lebih mantap dengan ukuran sump sama juga dengan ukuran akuarium penting, namun ada pula yang baru terasa senang dengan ukuran sump 10 kali dari ukuran akuarium penting. Apa pun pilihan anda, direferensikan supaya mempunyai sump memiliki ukuran minimum separo dari akuarium penting.
Dalam keadaan spesifik, beberapa dari sump bisa di”sulap” jadi tempat penyedia plankton, tempat untuk menumbuhkan plankton atau biasa diketahui dengan nama refugium. Untuk ini butuh dikerjakan dikit modifikasi, sebab untuk plankton dibutuhkan pencahayaan dengan intensitas spesifik.

Pasir serta Batu Aktif (Live Sand/Live Rock)

Pasir atau batu aktif (Live Sand/Live Rock) adalah arti yang biasa dipakai oleh beberapa hobiis aquarium air laut untuk tunjukkan pasir atau pecahan karang yang sudah ditumbuhi beberapa jasad renik, seperti alga serta jasad-jasad renik yang lain. Dibanding dengan pemakaian pasir atau pecahan karang biasa, pemakaian bahan ini banyak mempunyai keuntungan untuk mengawasi kestabilan satu aquarium air laut.
Pasir serta batu aktif berperan begitu baik dalam proses filtrasi biologi dalam aquarium air laut. Diluar itu, sampai batas spesifik bisa menyiapkan pakan hidup berbentuk plankton buat penghuni laut pemangsa planton. Pasir serta batu aktif pun adalah substrat yang baik buat koral serta tanaman untuk berjangkar.
Pasir serta batu aktif dapat disiapkan dengan beberapa langkah. Langkah pertama yaitu dengan ambil sendiri dipantai. Untuk ini butuh dilihat supaya pemungutan jangan pernah mengganggu lingkungan di tempat yang berkaitan. Langkah ke-2 yaitu dengan beli di toko aquarium air laut. Beberapa toko sering menyiapkan pasir serta batu aktif.
Jika keadaan sangat mungkin, semua pasir serta batu dalam akuarium dapat di isi oleh pasir serta batu aktif saat pertama akuarium dibuat. Jika tidak, cukuplah beberapa saja yang berbentuk pasir serta batu aktif. Setelah itu biarlah semua batu serta pasir dalam akuarium itu tertular oleh jasad renik yang datang dari pasir serta batu aktif yang kita masukan. Dengan begitu batu serta pasir aktif yang dimasukkan berperan menjadi starter untuk menghidupkan perkembangan jasad renik pada semua pasir serta batu dalam akuarium.
Pasir serta batu aktif yang dimasukkan pertama-tama dalam akuarium sebelumnya akan beradaptasi dengan lingkungan barunya. Oleh karenanya dibutuhkan waktu supaya jasad- jasad renik serta penghuni lainnya dalam pasir serta batu itu jadi terlatih dengan lingkungan barunya serta tumbuh dengan subur. Umumnya, jika keadaan akuarium sama dengan keperluan, mereka akan tumbuh serta konstan sesudah 1 bulan. Oleh karenanya, kesabaran begitu dibutuhkan supaya aquarium air laut yang dibuat dapat sukses.

Protein Skimmer

Sama dengan namanya, alat ini berperan untuk menyaring serta buang protein dari aquarium air laut. Walau tidak mesti berupa protein, pada intinya alat ini berperan untuk buang bahan organik terlarut. Prinsip kerjanya berdasar pada ketentuan yang menjelaskan jika bahan- bahan padatan akan condong menempel pada pertemuan cairan serta hawa dalam satu gelembung. Oleh karenanya dalam piranti ini akan terlihat tampak kedatangan gelembung hawa dengan ukuran spesifik yang dibangkitkan sebanyak-banyaknya oleh satu aerator atau lewat venturi.
Partikel-partikel organik akan menempel pada gelembung lalu naik serta tertampung dalam satu tampungan busa. Pada akuarium dengan kepadatan tengah akan terlihat busa yang dibuat menyimpan banyak kotoran, begitupun pada periode-periode di mana penghuni akuarium bermetabolisme aktif. Meski begitu, dalam satu akuarium yang sudah konstan, akan terlihat jika protein skimmer tetap bersih dari kotoran.

Kalkwaser

Kalkwaser adalah larutan jemu kalsium. Dalam setup aquarium air laut, terutamanya untuk akuarium koral menambahkan kalsium butuh dikerjakan dengan periodik. Kalsium dipakai oleh koral untuk bangun tubuhnya, karena itu mereka ambil kalsium dari air laut. Dengan berjalannya waktu, kandungan kalsium di air jadi menyusut. Jika perihal ini dilewatkan akan memunculkan tidak seimbangan kimiawi air hingga akan menyebabkan jelek pada penghuni laut yang dijaga.
Kandungan kalsium air laut sebaiknya tetap dipertahankan pada rata-rata 350-400 ppm. Perihal ini bisa dikerjakan dengan memakai kalkwaser. Kalkwaser bisa dibikin dengan meleburkan kapur sirih sekitar 1-2 sendok makan dalam 4 liter air. Aduk dengan rata setelah itu biarlah mengendap sesaat. Larutan bening yang tercipta setelah itu dimasukan dalam satu wadah tertutup, untuk lalu digunakan menjadi penyuplai kalsium dalam akuarium.
Langkah yang sangat simpel untuk lakukan supply kalsium yaitu dengan memakai metoda dripping. Anda dapat kerjakan hail ini dengan mengikuti metoda tempat air minum ayam atau dispenser air. Letakan alat itu dalam sump. Jika permukaan air dalam sump turun karena penguapan, jadi larutan kalsium dalam wadah akan menggantikannya. Langkah demikian didapati efisien dalam menjaga kandungan kalsium air laut pada rata-rata 350 – 400 ppm. Cara-cara lainnya dapatlah dikerjakan serta akan dibicarakan pada artikel lainnya.

Pompa serta perpipaan

Pompa dibutuhkan untuk kembalikan air dari sump dalam akuarium. Berdasar pada gambar di atas, bisa disaksikan jika air dari akuarium penting masuk dalam sump dengan gravitasi lewat satu wadah overflow. Bagian wadah overflow bisa menjadi pembatas ketinggian air dalam akuarium penting. Tinggi air dalam akuarium penting akan bertambah karena menambahkan air dari sump lewat pompa. Namun tingginya akan tidak selalu makin bertambah sebab di ketinggian spesifik air akan tumpah dalam wadah overflow. Setelah itu air akan ke arah sump, di proses dari sana serta sesudah bersih dikembalikan kembali dalam akuarium. Serta demikian selanjutnya
Dalam gambar terlihat jika protein skimmer mendapatkan catu air dari pipa spesial yang diambil dari bak overflow. Sebenarnya hal itu tidak selalu harus demikian, bergantung pada type protein skimmer yang dipakai. Banyak type protein skimmer yang memperoleh supply airnya dari sump tersebut. Oleh karenanya skema perpipaan seperti yang tercantum dalam gambar butuh sesuai dengan tipe-tipe perlengkapan yang ada serta gampang didapatkan.

Epilog

Rincian singkat tentang setup aquarium air laut, minimal akan memberi gagasan bagaimana sebuah aquarium air laut semestinya dibuat. Meski begitu tidak bermakna jika anda akan sukses hanya dengan membuat instalasi semacam itu, aspek lainnya yang begitu penting dilihat ialah kesabaran anda untuk menanti supaya skema jadi konstan sebelum anda mulai memasukan penghuni laut, dan akan begitu bergantung pada pengetahuan anda tentang sifat-sifat air laut serta sifat-sifat penghuni laut yang akan anda memelihara. Biasanya satu aquarium air laut yang sudah diatur dengan benar akan konstan, sekurang-kurangnya, sesudah 1 bulan.
Konsultasikan bersama kami, jika anda ingin mempunyai aquarium air laut atau aquascape impian anda.

No comments:

Post a Comment