Sunday, October 11, 2020

4 Resep Mantul Merawat Kesehatan Mental

 

Home          Membership          Online Classes          For Business          Calendar
4 RESEP MANTUL MERAWAT KESEHATAN MENTAL
Oleh The Golden Space Indonesia
*Mantul = Mantap Betul

Kesehatan mental bukanlah sekedar diagnosis semata, melainkan sebuah kondisi kesehatan yang menyeluruh terkait perasaan kita terhadap diri sendiri dan orang lain, serta keterampilan dalam mengelola emosi dan menghadapi tantangan hidup sehari-hari di pekerjaan, relationship, kesehatan, dsb.

Menurut WHO, 1 dari 4 orang di dunia ini mengalami masalah kesehatan mental. Dari statistik ini, kemungkinan kita atau salah satu orang yang kita kenal sedang berjuang menghadapi isu ini. Memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia yang jatuh pada tanggal 10 Oktober 2020, kami merangkum 4 tips untuk memulihkan dan merawat kesehatan mental dari para instruktur The Golden Space yang terbukti ampuh bagi mereka!


1. Afirmasi
Berikan kata-kata positif kepada diri sendiri. Alih-alih berpikir “Saya sepertinya tidak bisa melakukan ini”, ubahlah cara kita meyakinkan diri dengan berkata “Saya berharga. Saya layak bahagia. Saya dicintai. Saya kuat. Saya saya pasti bisa. Saya cukup”. Afirmasi adalah salah satu cara kita mengapresiasi, menerima, dan mencintai diri sendiri.
 

2. Menulis Jurnal
Salah satu metode terapi yang ampuh untuk menjaga “kewarasan” kita adalah menulis. Ungkapkan perasaan, pikiran, dan pengalaman kita dalam bentuk tulisan sebagai bentuk ekspresi dan pengakuan atas apa yang terjadi di keseharian kita. Menuangkan isi kepala dan hati ke dalam jurnal dapat membantu menguraikan benang kusut di pikiran sehingga kita dapat menyadari dan melihat masalah kita dengan jauh lebih jelas. Catat dengan jujur kegalauan dan kegundahan hati untuk bisa mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah, serta tuliskan hal-hal yang bisa kita syukuri, kebaikan, keberhasilan dan pencapaian kita sebagai pengingat bahwa selalu ada harapan, kesempatan dan pelajaran dari setiap momen di hidup kita.
 

3. Olahraga
Tubuh kita akan memproduksi hormon kebahagiaan, seperti endorfin dan oksitosin, saat berolahraga, yang berguna untuk mengurangi stres dan kecemasan. Luangkan waktu minimal 30 menit setiap pagi untuk mengolah raga kita dan usahakan lakukan di luar ruangan agar terpapar sinar matahari yang kaya akan vitamin D serta dekat dengan alam (di kebun/taman) yang juga terbukti dapat mengurangi stres.
 

4. Olahrasa
Tubuh kita terdiri dari jiwa dan raga. Otomatis olahraga saja tidak cukup, tetapi kita juga butuh olahrasa untuk kedamaian jiwa. Cara paling mudah dan praktis untuk mengolah dan mengelola perasaan kita adalah dengan aktivitas meditasi/mindfulness. Menurut penelitian Gotink tahun 2016, latihan mindfulness selama 8 minggu berturut-turut terbukti mengubah struktur otak dimana bagian amigdala akan mengecil sehingga kita tidak mudah stres, dan bagian hipokampus akan membesar sehingga hormon kebahagiaan dapat diproduksi lebih banyak.
 
Kesehatan mental kita adalah tanggung jawab kita. Mulailah melakukan tindakan nyata untuk mencintai diri dengan merawat kesehatan mental dan fisik kita. Seperti petuah RuPaul

“If you don’t love yourself, how in the hell you gonna love somebody else?”

Boleh tolong “Amin”-kan?

No comments:

Post a Comment