Thursday, June 1, 2023

Kubera

  

Kubera (Sansekerta: कुबेर, diromanisasi: Kubera) juga dikenal sebagai Kuvera, Kuber dan Kuberan, adalah dewa kekayaan, dan raja dewa dari yaksha semi-ilahi dalam agama Hindu. Dia dianggap sebagai bupati utara (Dikpala), dan pelindung dunia (Lokapala).

Banyak julukan memuji dia sebagai penguasa banyak spesies semi-ilahi, dan pemilik harta dunia. Kubera sering digambarkan dengan tubuh montok, berhiaskan permata, membawa pundi-pundi uang dan pentungan.

Awalnya digambarkan sebagai kepala roh jahat dalam teks era Weda, Kubera memperoleh status dewa (dewa) hanya dalam Purana dan epos Hindu. Kitab suci menjelaskan bahwa Kubera pernah memerintah Lanka, tetapi digulingkan oleh saudara tirinya Rahwana, kemudian menetap di kota Alaka di Himalaya. Deskripsi tentang “kemuliaan” dan “kemegahan” kota Kubera ditemukan di banyak kitab suci.

Kubera juga telah diasimilasi ke dalam panteon Buddha dan Jain. Dalam Buddhisme, ia dikenal sebagai Vaisravana, patronimik yang digunakan dari Hindu Kubera dan juga disamakan dengan Pañcika, sedangkan dalam Jainisme, ia dikenal sebagai Sarvanubhuti.

Dalam Vishnudharmottara Purana, Kubera digambarkan sebagai perwujudan Artha (“kekayaan, kemakmuran, kemuliaan”) dan Arthashastras, risalah yang terkait dengannya — dan ikonografinya mencerminkannya. Kulit Kubera digambarkan seperti daun teratai. Dia mengendarai seorang pria — negara yang dipersonifikasikan, dihiasi dengan pakaian dan ornamen emas, melambangkan kekayaannya.

Mata kirinya berwarna kuning. Dia memakai baju besi dan kalung sampai ke perutnya yang besar. Itu Vishnudharmottara Purana lebih lanjut menggambarkan wajahnya miring ke kiri, berjanggut dan berkumis, dan dengan dua taring kecil menonjol dari ujung mulutnya, melambangkan kekuatannya untuk menghukum dan memberikan bantuan.

Istrinya Riddhi, melambangkan perjalanan hidup, duduk di pangkuan kirinya, dengan tangan kiri di punggung Kubera dan tangan kanan memegang ratna-patra (pot permata).

Kubera harus berlengan empat, memegang gada (gada: simbol dandaniti—administrasi keadilan) dan shakti (kekuasaan) di pasangan kirinya, dan panji bergambar singa—mewakili Artha dan shibika (gada, senjata Kubera). Harta nidhi Padma dan Shankha berdiri di sampingnya dalam bentuk manusia, dengan kepala mereka masing-masing muncul dari teratai dan keong

No comments:

Post a Comment