Sunday, June 11, 2023

Bach Flower Remedies untuk Atasi Masalah Emosional, Benarkah Efektif?

 

Perawatan alternatif sering dilakukan sebagai tambahan dari pendekatan medis untuk menangani masalah psikologis. Selain yoga dan meditasi, banyak orang juga menggunakan ekstrak tanaman sebagai cara alami mengurangi emosi negatif, seperti pada bach flower remedies.

Apa itu bach flower remedies?

Bach flower remedies adalah terapi dengan ekstrak bunga-bungaan yang dilakukan untuk mengatasi masalah emosional.

Terapi ini pertama kali dikembangkan oleh Dr. Edward Bach pada tahun 1920-an. Ia percaya komponen tertentu yang terkandung dalam bunga dapat membantu mengurangi stres dan depresi.

Untuk mengolahnya menjadi obat, bunga harus direndam dengan air terlebih dahulu. Kemudian, rendaman ini dijemur di bawah sinar matahari. Setelah terekstrak, bunga dibuang dan cairannya diawetkan dengan alkohol.

Selain direndam, ekstrak bunga juga bisa didapatkan melalui metode perebusan. Pada metode ini, daun, batang, dan cabang-cabang bunga direbus hingga setengah jam.

Nantinya, ekstrak bunga dapat diminum dengan diencerkan dalam segelas air, atau dioleskan langsung ke titik-titik nadi seperti pergelangan tangan, pelipis, dan belakang telinga.

Sayangnya, tidak semua jenis bunga bisa diolah menjadi obat. Hanya bunga yang tumbuh secara alami di alam liar yang cocok untuk bach flower remedies.

Setiap bunga memiliki indikasinya masing-masing. Berikut merupakan beberapa jenis bunga dan masalah yang “ditangani”.

Cherry plum: pikiran takut menyerah dan kehilangan kendali.

Aspen: rasa takut akan ketidakpastian atau hal-hal yang tidak diketahui.

Elm: perasaan tertekan karena tanggung jawab atau pekerjaan.

Chicory: ego dan perasaan cinta yang posesif.

Bintang bethlehem: trauma dan rasa sedih akibat kehilangan.

Holly: kebencian, rasa cemburu, dan iri hati.

Mawar liar: perasaan pasrah dan apatis.

Hornbeam: kebiasaan menunda-nunda.

Rock rose: teror dan ketakutan.

Ekstrak dari satu jenis bunga bisa digunakan sendiri atau dikombinasikan bersama ekstrak bunga lainnya. Sebagai contoh, Anda memadukan bunga bintang betlehem, rock rose, cherry plum, dan bunga clementis untuk mengurangi rasa cemas, panik, dan takut kehilangan kendali.

Apakah bach flower remedies efektif?

Sejauh ini, berbagai penelitian yang telah dilakukan terkait penggunaan bach flower remedies memberikan hasil yang berbeda-beda.

No comments:

Post a Comment