Monday, July 8, 2024

21 Rahasia Tentang Tinggal di Selandia Baru yang Perlu Diketahui Sebelum Pindah

 

Jika Anda mencari perubahan dan menyukai ide untuk tinggal di tempat di mana orang-orangnya santai dan ramah, dan pemandangannya akan membuat Anda takjub, maka mungkin Selandia Baru bisa menjadi tempat yang tepat untuk Anda.

Selandia Baru adalah negara yang indah dengan banyak hal yang menarik. Jika Anda mempertimbangkan untuk beremigrasi ke negeri yang indah ini, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu.

Jadi, duduk dan baca terus untuk mengetahui semua yang perlu Anda ketahui tentang Selandia Baru.

1. Aksen mereka bisa membingungkan

Meskipun kami menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pertama kami, Anda mungkin akan merasa sedikit kesulitan untuk memahami aksen penduduk setempat. Aksen Selandia Baru bisa terdengar aneh, tetapi Anda akan mengerti apa yang mereka katakan jika Anda menguraikannya.

Misalnya, huruf ‘i’ terdengar seperti huruf ‘u’, jadi ketika memesan ikan dan kentang goreng, terdengar seperti mereka mengatakan “fush and chips!” Mereka juga cenderung mengucapkan bunyi ‘i’ dan bukan ‘e’, sehingga terdengar seperti “tin” dan “bed”.

Jika Anda bisa memahami nuansa kecil seperti ini, aksennya akan menjadi lebih jelas, dan Anda akan segera mendapati diri Anda membayar “uang logam” untuk “fush and chips!”

2. Pelajari beberapa bahasa gaul Kiwi

Bahasa gaul ada di mana-mana; kita semua menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari, namun mengenal bahasa gaul baru bisa jadi sulit, terutama dalam budaya baru. Sebagai contoh, jika seorang kiwi bertanya kepada Anda apakah Anda memiliki “glad wrap,” apakah Anda tahu bahwa mereka sedang membicarakan bungkus makanan?

Anda harus mengenakan “jandel” Anda ke pantai; maksudnya adalah sandal jepit Anda! “Bach” adalah rumah liburan, dan tempat antah berantah disebut “wop wops!” Mungkin perlu beberapa saat, tetapi sikap santai penduduk Selandia Baru berarti mereka akan membantu Anda, tetapi mungkin juga senang membuat Anda bingung dari waktu ke waktu!

3. Bertemu dengan suku Maori

Penduduk asli Selandia Baru juga dikenal sebagai Maori. Setelah negara ini diinvasi oleh bangsa Eropa, orang-orang Selandia Baru menginginkan cara untuk mengidentifikasi diri mereka sendiri dan memisahkan diri dari penjajah kulit putih.

Mereka menyebut diri mereka Maori karena kata tersebut berarti ‘biasa’. Suku Maori adalah suku yang sangat bangga dan saat ini berjumlah sekitar 14% dari total populasi Selandia Baru. Mereka memiliki banyak adat dan tradisi dan merupakan penduduk asli negeri ini.

4. Tidak banyak orang tetapi banyak domba

48 juta orang tinggal di Selandia Baru; jika dibandingkan dengan luas negara ini, jumlah penduduknya tergolong kecil. Sebagian besar orang Kiwi tinggal di daerah perkotaan yang berarti ada banyak sekali daerah pedesaan.

Namun, area ini tidak kosong; penuh dengan domba! Ada 6 ekor domba untuk setiap satu orang manusia, jadi bersiaplah untuk melihat domba-domba putih yang lembut ini ke mana pun Anda pergi!

5. Biaya hidup di Selandia Baru

Biaya hidup di Selandia Baru cukup sebanding dengan sebagian besar negara Barat. Anda mungkin mendapati bahwa biaya hidup bahkan lebih murah daripada yang biasa Anda bayarkan, tergantung pada keadaan Anda saat ini.

6. Menghadapi cuaca yang tidak dapat diprediksi

Kedua pulau di Selandia Baru dikelilingi oleh Samudra Pasifik yang liar, yang berarti cuaca di sini dapat berubah-ubah dan tidak dapat diprediksi.

Banyak orang mengira bahwa Selandia Baru memiliki iklim yang panas seperti AustraliaNamun, karena kondisi geografisnya, bisa saja satu menit cerah dan menit berikutnya hujan. Ada pepatah di kalangan penduduk setempat yang mengatakan bahwa Anda dapat menyaksikan “empat musim dalam satu hari!”

7. Negara ini dikenal sebagai Kepulauan Goyah

Sebagian besar gunung berapi dan gempa bumi di bumi terjadi di tempat yang dikenal sebagai “cincin api Pasifik”, dan negara Selandia Baru berada tepat di atasnya. Penduduk Selandia Baru merasakan sekitar 150 gempa bumi dalam setahun; namun, jumlah gempa yang sebenarnya lebih dari 14.000 kali, sehingga pulau ini dijuluki “Kepulauan Goyah”.

Letusan gunung berapi sudah jarang terjadi akhir-akhir ini; letusan besar terakhir terjadi lebih dari 5000 tahun yang lalu. Letusan yang satu ini merupakan yang terbesar di dunia dan meninggalkan kawah yang sangat besar. Setelah terisi air, kawah ini menjadi landmark dan disebut Danau Taupo.

8. Bertelanjang kaki membawa Anda lebih dekat dengan alam

Di Selandia Baru, beberapa orang langsung keluar rumah tanpa alas kaki, dan itu adalah hal yang normal. Anda akan melihat orang-orang berkeliaran di jalanan, supermarket, dan kafe dengan bertelanjang kaki tanpa alas kaki dan tanpa peduli pada dunia. Hal ini ada hubungannya dengan orang Kiwi yang sangat santai dan juga kepercayaan suku Maori bahwa bertelanjang kaki akan membuat Anda lebih dekat dengan alam.

9. Pemandangan yang menakjubkan di mana-mana

Selandia Baru dikenal dengan bentang alamnya yang luar biasa. Dari pegunungan yang tertutup es hingga pantai berpasir putih, hutan subtropis yang rimbun, dan fyord yang indah, negara ini memiliki semuanya. Ke mana pun Anda berpaling, Anda akan disambut dengan pemandangan yang menakjubkan.

Sekitar sepertiga wilayah Selandia Baru terdiri dari Taman Nasional. North Island adalah rumah bagi pantai berpasir putih yang memukau, mata air panas bumi, dan kolam lumpur, serta cenderung beriklim hangat. Pulau Selatan sedikit lebih sejuk, dan di sini Anda akan menemukan lahan pertanian, ladang hijau, dan pegunungan yang spektakuler.

Pemandangan di sini sangat bervariasi, yang menjadi daya tarik bagi banyak orang. Tempat ini memiliki kualitas yang hampir ajaib; Anda akan melihat hal-hal di sini yang tidak akan Anda lihat di tempat lain di dunia!

10. Lapisan ozon jauh lebih tipis di sana

Kita semua tahu tentang pentingnya lapisan ozon dalam melindungi kami dari sinar matahari yang berbahaya. Lapisan ozon jauh lebih tipis di atas Selandia Baru dan Australia, yang berarti bahwa ketika matahari bersinar, Anda berisiko lebih tinggi terbakar. Krim tabir surya dengan faktor tinggi dan penutup kepala adalah suatu keharusan, bahkan pada hari-hari ketika matahari tidak terlalu terik.

11. Mereka memiliki danau paling jernih di dunia

Pulau Selatan adalah rumah bagi Nelson Lakes National Park. Institut Penelitian Air dan Atmosfer Nasional Selandia Baru meyakini bahwa di sinilah Anda akan menemukan danau paling jernih di dunia.

Dengan jarak pandang hingga 80 meter, Blue Lake memiliki transparansi yang sama dengan air suling. Namun, jangan coba-coba berenang. Meskipun terlihat menarik, tempat ini dianggap sakral, jadi semua kegiatan mandi dilarang.

12. Mengawasi lalat pasir

Sayangnya, lalat pasir adalah masalah nyata di Selandia Baru. Ada 19 spesies berbeda dari hama terbang ini, dan meskipun hanya tiga di antaranya yang menggigit, ketiganya yang cenderung menghuni negara ini.

Mereka banyak ditemukan di sepanjang West Coast dan South Island. Ketika mereka menggigit, Anda akan mengetahuinya karena rasanya sakit dan kemudian gatal sekali! Anda juga harus berhati-hati karena makhluk kecil yang pintar ini berburu dalam kelompok!

Ini berarti ketika Anda menepis satu, teman-temannya menunggu di sudut untuk menyerang. Untungnya mereka tidak dapat menularkan penyakit, namun, mereka bisa sangat menyakitkan, secara harfiah.

13. Selalu ada pantai yang dekat dari sini

Di Selandia Baru, Anda benar-benar dikelilingi oleh garis pantai yang indah dan pantai berpasir. Bahkan ketika berada di pedalaman, Anda hanya berjarak sekitar satu jam berkendara dari pantai. Diperkirakan Anda tidak akan pernah berada lebih dari 120 km dari pantai.

14. Orang Kiwi membenci tupai

Ada sekitar 30 juta hewan yang mirip tikus ini berkeliaran di Selandia Baru. Meskipun mereka mungkin terlihat cukup lucu, mereka selalu mengganggu. Mereka memakan telur burung kiwi dan kea, dan menularkan penyakit tuberkulosis pada sapi. Mereka diimpor untuk perdagangan bulu, dan karena tidak ada predator alami, mereka berkembang biak.

15. Buah kiwi tidak berasal dari Selandia Baru

Kita semua tahu bahwa julukan sayang ‘kiwi’ yang kita gunakan untuk menggambarkan seseorang dari Selandia Baru berasal dari burung kiwi yang cantik. Burung yang tidak bisa terbang ini adalah burung asli negara ini dan merupakan satu-satunya negara tempat burung ini ditemukan. Namun, buah kiwi tidak berasal dari sini.

Ini sebenarnya adalah gooseberry Cina. Buah ini diimpor ke Selandia Baru pada awal tahun 1900-an. Pada tahun 1950-an, AS mulai membeli buah dari Selandia Baru, namun mereka merasa sulit untuk meyakinkan orang untuk mencoba “gooseberry Cina” ini, sehingga mereka menamai buah ini dengan nama burung kiwi yang indah.

16. Rugby sangat besar

Tidak ada negara lain yang merayakan permainan rugbi seperti orang Selandia Baru. Olahraga ini merupakan bagian besar dari kehidupan mereka dan pertama kali diperkenalkan ke negara ini pada akhir tahun 1800-an. Tim nasional mereka, All Blacks, telah mendominasi olahraga ini selama beberapa generasi dan selalu memulai pertandingan dengan tarian perang seremonial yang luar biasa, Haka.

17. Ada penekanan kuat pada kesetaraan gender

Selandia Baru adalah negara pertama yang memberikan hak pilih kepada perempuan pada tahun 1893. Selandia Baru juga merupakan satu-satunya negara yang memiliki perempuan yang berkuasa di tiga posisi teratas pada tahun 2006. Kesetaraan gender sangat penting di negara ini.

18. Pajak di Selandia Baru

Tarif pajak di Selandia Baru tergantung pada penghasilan Anda. Tarif pajak pribadi tertinggi adalah 33% untuk gaji di atas $70.000, dan terendah adalah 10,5% untuk mereka yang berpenghasilan $14.000. Biaya hidup umumnya sedikit lebih rendah daripada negara-negara dengan PDB serupa.

19. Keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi di Selandia Baru

Luasnya negara dan kecilnya jumlah penduduk secara keseluruhan berarti ada begitu banyak lahan alami yang belum terjamah untuk dinikmati. Ini berarti Selandia Baru terkenal dengan keseimbangan kehidupan kerjanya yang luar biasa. Orang Kiwi bekerja keras tetapi memanfaatkan negara yang menakjubkan yang mereka tinggali dengan bekerja keras juga. Ini adalah salah satu alasan utama untuk pindah ke Selandia Baru.

20. Kiwi suka minum

L&P atau Lemon dan Paeroa. Pada dasarnya ini adalah limun dan merupakan minuman ringan paling populer di negara ini. Anda tidak dapat menemukan minuman ini di tempat lain di dunia.

21. Destinasi populer bagi para pembuat film

Lanskap luas yang menakjubkan membuat Selandia Baru menjadi tujuan populer bagi para pembuat film. Lord of the Rings, waralaba Hobbit, dan The Chronicles of Narnia telah difilmkan di sini, dan ini sekarang telah menjadi bagian dari daya tarik wisata dengan banyaknya orang yang berkunjung ke lokasi syuting.

Pertanyaan Umum

Berapa biaya visa kerja di Selandia Baru?

Visa kerja akan dikenakan biaya $245, tetapi gratis jika Anda adalah warga negara AS.

Bagaimana cara mendapatkan visa sementara untuk Selandia Baru?

Ada beberapa visa sementara yang bisa Anda dapatkan untuk Selandia Baru. Ini termasuk visa Pengunjung yang tersedia bagi siapa saja yang memiliki paspor yang masih berlaku, dan visa kerja Keterampilan Esensial.

Anda dapat mendaftar melalui laman Situs web Imigrasi Selandia Baru.

Mengapa kebanyakan orang tinggal di Pulau Utara Selandia Baru?

Banyak orang Kiwi yang tinggal secara permanen di Pulau Utara Selandia Baru karena upahnya lebih tinggi dan ada lebih banyak kesempatan kerja. Ini adalah tempat paling populer bagi banyak ekspatriat yang pindah ke Selandia Baru.

Apa yang dimaksud dengan visa keterampilan esensial di Selandia Baru?

Visa kerja ini memungkinkan Anda untuk bekerja di Selandia Baru, khususnya, jika pekerjaan yang Anda lakukan termasuk dalam daftar kekurangan keterampilan.

Apa saja persyaratan imigrasi Selandia Baru?

Anda tidak dapat memulai kehidupan baru di Selandia Baru tanpa memiliki visa. Ada beberapa jenis visa, termasuk visa Pengunjung untuk kunjungan singkat, visa Keterampilan Esensial jika Anda memenuhi syarat untuk melakukan pekerjaan yang ada dalam daftar kekurangan keterampilan, atau visa Penduduk Permanen jika Anda akan pindah ke Selandia Baru.

Anda dapat mengajukan permohonan visa jika Anda memiliki anggota keluarga yang sudah tinggal di negara ini. Anda harus memiliki paspor yang masih berlaku, dan Anda dapat mengajukan permohonan visa yang relevan melalui Situs web Pemerintah Imigrasi Selandia Baru.

Bagaimana cara kerja pemerintah Selandia Baru?

Sistem pemerintahan Selandia Baru terdiri dari perwakilan atau anggota parlemen yang dipilih secara demokratis dan dikenal sebagai Monarki Konstitusional. Kepala Negara adalah Ratu Elizabeth II, dan beliau diwakili oleh Gubernur Jenderal.

Pikiran Akhir

Selandia Baru terkenal dengan gaya hidup santai dan pemandangannya yang luar biasa, jadi jika Anda mencari keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi, kunjungi Selandia Baru dan semua yang ditawarkannya!

Panduan Berguna Lainnya ke Selandia Baru

No comments:

Post a Comment